Kamis, 06 September 2012

ANALISA PROSES BISNIS PT PLN(PERSERO)


ERP dan Strategi Bisnis PLN)
Untuk mendukung Strategi Bisnis PLN, maka diperlukan solusi ERP yang akan diimplementasikan ke seluruh unit PLN.  Hal ini sesuai dengan Perencanaan IT Master Plan PLN (ITMP) dimana ERP merupakan salah satu alat untuk melakukan transformasi PLN menjadi perusahaan listrik kelas dunia yang cost competitive.
 
Implementasi SAP ERP di PLN
Beberapa hal yang menjadi alasan implementasi SAP ERP di PT. PLN (Persero) antara lain :
  • PT. PLN (Persero) membutuhkan standarisasi proses bisnis melalui sistem “back office” yang terpadu (integrated system)
  • Untuk mengadopsi Utility Best Practices
  • PT. PLN (Persero) Mendapatkan pengoperasian dan mekanisme pengawasan dan pengendalian proses bisnis yang lebih baik dengan adanya sistem “back office” yang standard
  • Untuk memperoleh akses informasi dari unit-unit bisnis terkait secara real time
Saat ini Implementasi SAP ERP di PT. PLN (Persero) sudah meliputi Kantor Pusat, P3B Jawa Bali, Distribusi Bali, Distribusi Jakarta Raya & Tangerang, Distribusi Jawa Tengah & DI Yogyakarta, Distribusi Jawa Timur, dan Distribusi Jawa Barat & Banten.

Roll Out ERP
Historical and Plan :

            Awalnya SAP diimplementasikan di PT. PLN (Persero) Kantor Pusat, Distribusi Jakarta Raya & Tangerang, P3B Jawa Bali, dan Distribusi Bali sebagai pilot project. Proyek ini pun berlanjut pada tahun 2007-2008 dengan me-roll out SAP se Jawa Bali dengan implementasi pada Distribusi Jawa Barat & Banten, Distribusi Jawa Tengah & DI Yogyakarta, dan Distribusi Jawa Timur.
            Untuk ke depannya, PT. PLN (Persero) menjadwalkan roll-out Sumatera dan Sulawesi pada 2010-2013 dan roll-out Kalimantan dan Indonesia Timur pada tahun 2013-2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar